ADS HERE

Kamis, 07 Agustus 2014

Menggunakan Hatch

Fungsi dari hatch adalah untuk memberi pola arsiran pada objek, Ada dua jenis arsiran yang ada pada autocad, pertama arsiran pola biasa kedua  menggunakan pola gradien. Untuk menjalankan perintah ini ketikan perintah Bhatch pada command line, kemudian akan muncul kotak dialog seperti berikut.



Selanjutnya klik pada tab Pick point atau Select Object, kedua pilihan tersebut berfungsi memilih area yang akan di beri hatch.  Pilihan pick point memungkinkan memilih area dengan cara mengklik di tengah area yang akan di beri hatch (contoh pada gambar posisi T3), sementara pilihan select objek dilakukan dengan cara memilih objeck yang akan di berikan hatch (contoh pada gambar klik T1 dan T2).





Selanjutnya memilih pola arsir, baiklah kita lakukan pada masing - masing area yang telah di pilih tadi, untuk pilihan dengan select object pada t1 dan t2 gunakan pola arsir GRAVEL dengan cara sebagai berikut : 1. Klik  tab browse di  pilihan patern, 2. Pilih pola arsir Gravel di kelompok other predefined, 3. Atur skalanya sebesar 30 lalu klik ok.






Untuk memberi pola arsir pada area T3, pilih pola arsir ANSI 31 (di kelompok ANSI pata Hatch Pattern Pallete), lalu klik ok.  Hasil keseluruhan pemberian hatch pada objek seperti pada contoh di bawah.

Lakukan cara pemilihan area yang sama dengan cara diatas untuk memberikan pola arsir gradien pada objek di bawah ini, dengan melakukan pilihan Gradien pada kotak dialog Hatch and Gradient setelah menjalankan perintah Bhatch.










0 komentar:

Posting Komentar