ADS HERE

Kamis, 07 Agustus 2014

SISTEM KORDINAT AUTOCAD

Salah satu yang menjadikan autocad banyak di gunakan dalam menggambar teknik adalah masalah tingkat presisi ukuran yang tepat.  Dan untuk memahami bagaimana cara autocad melakukan pengukuran tentunya kita harus memahami tentang penggunaan system kordinat di autocad.



Kordinat

Autocad mengenal dua jenis kordinat, yaitu kordinat kartesius dan kordinat polar.  Sedangkan dalam melakukan pengukurannya autocad menganut dua buah system acuan ukuran  yaitu  pengukuran yang dilakukan secara absolut dan pengukuran yang dilakukan secara  Relatif. Perbedaannya adalah jika System pengukuran dilakukan secara absolut, maka autocad akan selalu melakukan penguran dari titik pusat sumbu kordinat (WCS) dan biasanya kedudukan titik awal harus di ketahui terlebih dahulu, Sedangkan pengukuran yang di lakukan secara relatif dilakukan dari titik acuan terakhir pointer mouse di klik, dan untuk menandai bahwa kita akan melakukan pengukuran dengan metode ini setiap pengukuran di mulai dengan memasukan karkter @ di depan kordinat yang kita inginkan.



a. Kordinat Kartesius.

Kordinat untuk menentukan suatu titik yang cara menggunakannya  menggunakan garis sumbu x (ruas garis horizontal) dan y (ruas garis vertikal). Kalau kita menggunakan cara absolut maka rumus penentuan titiknya adalah x,y  , sedangkan kalau kita menggunakan cara relatif rumusnya adalah @x,y.



b. Kordinat Polar.

Penulisan kordinat yang dilakukan dengan cara memasukan nilai jarak dan arah (direction) garis, rumusnya adalah @JARAK< DIRECTION



Penggunaan System Kordinat


Autocad menggunakan sistem kordinatnya untuk beberapa keperluan seperti :

  1. Menentukan presisi panjang atau lebar objek.

  2. Menempatkan Point pada bidang gambar.

  3. Pada proses Transformasi

0 komentar:

Posting Komentar