ADS HERE

Kamis, 07 Agustus 2014

Penggunaan Perintah Bantu

Bismillahirohmannirahiim, seperti biasa saya sedikit memberikan pesan buat para pembaca "JANGAN BUANG SAMPAH KE SUNGAI ", dan tolong sebarkan/ingatkan para tetangga kita yang suka buang sampah sembarangan.... hatur nuhun.



Okeh .. pokok bahasan kita hari ini adalah perihal perintah bantu menggabar Autocad. Autocad selalu menambah perintah bantunya pada versi barunya.  Tidak semua perintah bantu yang ada pada autocad 2011 ini yang saya paparkan ke anda (karena blom tau fungsiya atau gak terlalu penting .. hehehe).

Perintah bantu menggambar Autocad, sangat membantu mempermudah pengoperasian perintah autocad menjadi suatu perintah yang sederhana, sebagai contoh penggunaan objek snap dan ortho, tampa kedua perintah ini ketika kita menggambar garis dengan perintah line misalnya, harus memasukan nilai kordinat kartesius atau polar untuk mendapatkan garis yang presisi,  atau penggunaan perintah Dynamic UCS yang ada pada autocad 2010 atau 2011 mempermudah kita dalam menentukan posisi UCS ketika kita menggambar pada bidang 3D.




Perintah Bantu Osnap (F3).

Perintah Osnap sangat membantu kita untuk menentukan atau menangkap target point sebuah objek.  Perintah ini dapat dijalankan dengan 3 cara :

1. Dengan menahan tombol Shift dan menekan tombol mouse kanan.



2. Mengetikan perintah osnap pada command line terlebih dahulu sampai muncul kotak dialog osnap, dan ceklis pada jenis osnapnya menandakan  jenis osnap yangaktif, kemudian untuk  mengaktifkan dan non aktifkan perintahnya cukup menekan tombol F3.



3. Memberikan perintah osnap yang dimaksud pada Command line.





Perintah Bantu Grid (F7)

Perintah bantu ini membantu pengguna Autocad dengan memunculkan tampilan grid pada bidang gambar, atau juga dapat di set untuk keperluan menggambar Isometric.

Jika kita hendak menggunakannya langsung, kita dapat menekan tombol F7.  Atau kalau kita hendak mensetnya terlebih dahulu dengan mengetikan perintah grid pada Command line.




Perintah Bantu Snap (F9)

Perintah bantu ini berguna untuk mengatur pergerakan pointer agar tepat pada grid, bisa di gunakan berbarengan dengan perintah grid.  Perintah ini dapat dijalankan dengan menekan tombol F9 atau dengan mengetikan perintah snap pada command line untuk mensetnya terlebih dahulu.




Perintah Polar Track (F10)

Perintah ini membantu kita dengan  memberikan informasi kordinat polar pada waktu menggambar, untuk menjalankan atau mematikan  perintah ini tekan tombol F10.




Object snap Tracking (F11)

Fasilitas ini berguna untuk menselaraskan kedudukan suatu titik terhapap titik acuan (osnap) sebuah objek.  Kita dapat mengaktifkna atau menonaktifkan fasilitas ini dengan menekan tombol F11 pada keyboard. 

 


Allow/Disallow dinamic UCS 

Dengan perintah ini kita bisa menggunakan UCS (unit kordinat system)  tampa melakukan seting ucsk terlebih dahulu.  Kita hanya menunjuk pada face sebuah objek 3D maka ucsnya  akan lansung tercipta.  

Proses ini hanya berlangsung pada pembuatan bentuk 3D,  terkadang kita harus mematikan fasilitas ini. Dan untuk mengaktifkan/ menonaktifkan fasilitas ini , cukup tekan tombol F6.

  

Dinamic Input.

Dengan perintah bantu ini, proses input nilai suatu perintah dilakukan di layar bukan di command line. Fasilitas ini dapat dijalankan dengan cara menekan tombol F12.




Quick Properties.

Perintah bantu ini memungkinkan kita mendapatkan dan mengganti informasi properti sebuah objek. Seperti properti layer, block dll.

0 komentar:

Posting Komentar