ADS HERE

Jumat, 05 September 2014

OLAHRAGA MURAH UNTUK KESEHATAN JANTUNG

Artikel bersumber dari http://rscmindonesia.blogspot.com, sebuah rumah sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia, yang berlokasi di  Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA

OLAHRAGA MURAH UNTUK KESEHATAN JANTUNG

Dewasa ini, lebih banyak orang yang ingin hidup serba praktis dan hanya bermalas-malasan. Sebenarnya, kebiasaan tersebut merupakan salah satu kebiasaan yang dapat mengundang resiko terkena penyakit jantung. Tahukah Anda bahwa orang yang kurang aktif berolahraga memiliki risiko dua sampai tiga kali lebih besar mengalami serangan jantung. Maka dari itu, mari kita kenali 5 jenis olahraga menuju jantung sehat.
Gaya hidup ataupun pekerjaan yang hanya berdiam diri disuatu tempat (gaya hidup kurang aktif) adalah salah satu factor teratas penyebab penyakit jantung. Untuk mencegahnya cukup mudah yaitu dengan berolahraga. Latihan atau olah raga teratur seperti latihan aerobic memberikan banyak keuntungan seperti :
Olahraga sederhana yang dilakukan secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Setidaknya ada 5 jenis olahraga yang membuat jantung sehat. Apa saja?


Latihan kardiovaskular adalah bentuk kegiatan yang meningkatkan pernapasan dan denyut jantung. Olahraga ini pada dasarnya menantang jantung untuk bekerja lebih keras dan menjadi lebih kuat.
Olahraga kardiovaskular akan memperbaiki cara tubuh menggunakan oksigen. Ini akan membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah ke tubuh.
Seperti dilansir dari Sheknow, Rabu (30/6/2010), lima olahraga kardiovaskular terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah sebagai berikut:
  1. Jalan cepat
    Tubuh manusia dilahirkan untuk berjalan. Jalan cepat adalah cara alami untuk meningkatkan kebugaran tubuh, terutama jantung. Selain itu, jalan cepat bekerja lebih baik untuk orang dengan gemuk atau overweight. Hal ini karena jalan cepat dapat membantu mengurangi lemak otot di area dekat sendi.
  2. Lari
    Meski lebih menantang ketimbang jalan, lari adalah aktifitas fisik jantung sehat yang mudah untuk dilakukan. Selain itu, lari juga merupakan salah satu cara terbaik unutk membakar kalori. Dengan begitu, ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, ada bonus lain yaitu kesehatan jantung.
  3. Berenang
    Kolam renang bisa jadi merupakan tempat terbaik untuk bermalas-malasan sambil mengapung, tapi air di kolam renang bisa menjadi tantangan kebugaran tubuh. Berenang atau olahraga air lain tidak hanya akan meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kesehatan jantung, air memberikan resistensi multi-arah yang akan meningkatkan kekuatan otot dan suara.
  4. Bersepeda
    Aktivitas kardiovaskular lain yang mudah adalah bersepeda. Dengan bersepeda, Anda bisa jalan-jalan keliling komplek rumah atau taman sambil meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan dan mengencangkan tubuh.
    Itulah jenis olahraga yang sederhana tetapi mampu untuk membuat jantung sehat. Olahraga tidak hanya membuat jantung sehat, tetapi juga membuat Anda merasa lebih muda dan kuat. Sebenarnya, olahraga saja tidak cukup untuk mendapatkan jantung sehat tetapi harus diimbangi dengan pola hidup sehat.
  5. Senam
    Apapun jenis latihan senam,semuanya bermanfaat untuk tubuh yaitu kesehatan,kebugaran dan kecantikan. Syaratnya harus dilakukan dengan benar dan teratur.
Jika rutin melakukan salah satu olahraga jenis ini, dapat meningkatkan tenaga, melawan kelelahan dan depresi, meningkatkan stanina/daya tahan dan tentunya menjaga kesehatan jantung, juga mengurangi stress, mendorong kekuatan otot serta mempertahankan sistem kekebalan tubuh.
Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

0 komentar:

Posting Komentar